Kamis, 04 September 2014

SUBSTITUTION EFFECT HICKS DAN SUBSTITUTION EFFECT SLUTSKY DALAM TEORI KONSUMEN

Dalam hal ini berkaian dengan kepuasan,maka konsumen yang memiliki kebutuhan yang tidak terbatas dihadapkan pada Efek Substitusi dan Efek Pendapatan.
Efek Substitusi adalah perubahan keseimbanganPerubahan kuantitas barang yang diminta dipengaruhi oleh dua hal yaitu efek substitusi dan efek pendapatan.
Penggantian harga nominal suatu barang mengakibatkan du hal terhadap jumlah barang yang diminta konsumen.Pertama, adanya perubahan harga relatif . Perubahan harga relatf ini mendorong konsumen mengubah penggunaan barang yang satu dengan yang lain. Jadi,perubahan harga relatif mendorong efek subtitusi.Kedua, perubahan harga nominal mengakibatkan berubahnya penghasilan riil atau jumlah komoditi yang dapat dibeli oleh konsumen. Misalnya, dengan naiknya harga daging maka penghasilan riil konsumen turun.Konsumen cenderung mengurangi pembeliannya.
Menurut J.R Hick:
Jika terjadi perubahan pendapatan rill dan konsumen ingin mempertahankan kepuasan yang tetap sama dengan cara mengorbankan/ mengurangi barang lain dan tetap pada utilitas yang sama. pengaruh subtitusi berupa perubahan konsumsi barang dari tititk equilibrium konsumen yang lama ke titik equilibrium dengan harga barang yang baru pada kurva tak acuh .




Menurut Slutsky
Slutsky memandang bahwa pendapatan nyata tidak berubah apabila konsumen menggunakan kombinasi konsumsi seperti sebelum adanya perubahan harga, terlepas dari persoalan apakah merupakan keseimbangan konsumen atau tidak.






Walaupun ada perbedaan sebagaimana dapat kita lihat dari pandangan Hikcs dan slutsky. Namun, dari kedua pendapattersebut memiliki persamaan yaitu pada total price effect. Saya lebih cenderung pada pendapat Hicks karena Hicks melihat dari perubahaan pendapatan riil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar