Kamis, 04 September 2014

Efek Substitusi, Efek Pendapatan, dan Efek Total

Menjelaskan dengan grafik efek subsitusi, efek pendapatan dan efek total untuk barang normal, yaitu kemeja (Y) dan kaos (X).
Dalam grafik tersebut menunjukkan bahwa pada kondisi awal, konsumen membutuhkan kaos sebanyak X1 dengan persinggungan kurva Indiferen pada titik A. Kemudian suatu waktu harga kaos turun dengan tingkat pendapatan kontsan atau tetap. Karena kemeja dan kaos merupakan barang substitusi maka dengan turunnya harga kaos, permintaan kaos akan meningkat dan permintaan kemeja akan menurun. Besarnya kemampuan membeli kaos sekarang dari X1 menjadi X2 yaitu persinggungan kurva indeferent pada titik B.
Kemudian suatu saat terjadi kenaikan pendapatan, dengan harga kaosnya turun dan harga kemeja tetap maka konsumen akan meningkatkan membeli kaos namun permintaan kemeja akan tetap. Besarnya kuantitas kaos yang dibeli konsumen sekarang dari X2 menjadi X3 dengan persinggungan garis kurva indiferen terletak pada titik C.
Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa, efek substitusi kaos dan kemeja  pada kuantitas X1 menjadi X2, dengan arah positif. Efek pendapatan terletak pada kuantitas X2 menjadi X3, dengan arah juga positif. Efek subsitusi dan efek pendapatan pada barang normal adalah sejalan atau searah. Efek total merupakan jumlah dari efek subsitusi dan efek pendapatan, yaitu pada X1 sampai X3 dengan arah yang positif juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar